Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Lapangan Badminton Standar Nasional dan Internasional

Ukuran lapangan badminton tidaklah dibuat secara asal-asalan. Ia dibuat sedemikian rupa agar permainan olahraga ini dapat berjalan dengan lancar.

BWF ( Badminton World Federation ) atau Federasi Bulu Tangkis Dunia adalah organisasi yang paling bertanggung jawab untuk urusan dalam taraf Internasional. Adapun taraf Nasional, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia ( PBS ) adalah organisasi yang bertanggung jawab untuknya.



Para pecinta bulutangkis mungkin banyak yang belum mengetahui tentang ukuran dari lapangan bulutangkis. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan mempelajari ukuran beserta komponennya lengkap dengan gambar beserta keterangannya.

Sejarah Bulu Tangkis

Bulutangkis atau badminton termasuk olahraga yang sangat populer layaknya permainan sepakbola, bola basket, dan sebagainya.

Permainan ini berbentuk olahraga raket yang dikategorikan menjadi dua, yaitu tunggal dan ganda. Bulu tangkis tunggal dimainkan oleh dua orang yang saling berlawanan. Adapun bulu tangkis ganda dimainkan oleh dua pasangan yang berlawanan.

Permainan badminton dilakukan dengan cara memukul bola yang dinamakan dengan kok atau shuttlecock. Ia dipukul agar dapat melewati jaring yang disebut dengan net dan jatuh pada wilayah lawan yang telah ditentukan. Dalam hal ini, pemain diharuskan untuk menjaga agar shuttlecock tidak jatuh pada wilayahnya.

Mesir Kuno sekitar 2000 tahun yang lalu diklaim sebagai daerah yang memulai olahraga ini. Namun, sebagian pihak menyebut bahwa ia berasal dari Republik Rakyat Tiongkok dan India.

Olahraga badminton menjadi populer pada tahun 1899 setelah Asosiasi Bulu Tangkis Inggris memenangkan kejuaraan Internasional pertamanya dengan kejuaraan All England.

Karena kepopulerannya, pada tanggal 5 Juli 1934 didirikan organisasi yang bertanggung jawab untuk mengatur kegiatan bulu tangkis internasional yang diberi nama International Badminton Federation ( IBF ). Organisasi ini memiliki anggota dari berbagai negara.

Di Indonesia sendiri juga dibentuk organisasi untuk mengatur olahraga bulu tangkis taraf Nasional pada tanggal 5 Mei 1951 yang diberi nama dengan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia ( PBSI ). Indonesia sendiri berhak mengikuti pertandingan taraf Internasional setelah menjadi anggota IBF pada tahun 1953.

Kemudian pada September 2006, organisasi internasional IBF diganti nama menjadi BWF ( Badminton World Federation ) setelah diadakan sebuah pertemuan yang dihadiri oleh 206 delegasi di Madrid, Spanyol.

Bentuk Lapangan Badminton

Badminton dimainkan pada bidang berbentuk persegi panjang dan dibagi menjadi dua wilayah untuk regu pemain yang berlawanan. Dari dua wilayah ini, diletakkan jaring yang disebut net di tengah-tengahnya yang berguna sebagai pembatas antar keduanya.

Pada setiap wilayah pemain terdapat garis-garis yang memiliki fungsi tersendiri, yaitu garis servis tengah, garis servis depan, garis servis samping kiri dan kanan ( permainan tunggal ), dan garis servis belakang ( permainan ganda ).

Setiap garis yang terdapat pada lapangan badminton memiliki tebal 40 mm dan diharuskan memiliki warna yang kontras terhadap warna lapangan. Biasanya warna yang disarankan adalah warna kuning dan putih.

Gambar dan Ukuran Lapangan Badminton Standar Nasional Lengkap

Sebagaimana telah kita bahas di awal, olahraga badminton di Indonesia telah diatur oleh organisasi yang dinamakan dengan PBSI. Oleh karena itu, setiap ketentuan permainan dan standar lapangan mengacu kepada standar yang telah ditetapkan oleh organisasi ini.

Pada asalnya, standar ukuran lapangan yang digunakan dalam permainan badminton adalah sama, baik itu untuk kategori tunggal, kategori ganda, dan kategori ganda campuran untuk putra dan putri.

Adapun yang membedakan adalah garis-garis yang digunakan dalam menentukan luas wilayah sebagaimana dapat anda baca pada keterangan berikut ini:

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Kategori Tunggal Putra Putri :

Garis lapangan samping bagian dalam digunakan untuk menentukan lebar area permainan dan garis lapangan belakang bagian luar digunakan untuk menentukan panjang area permainan pada pertandingan tunggal.

Lebih lengkapnya, ukuran lapangan bulu tangkis kategori tunggal putra atau putri menggunakan standar berikut ini:

  • Panjang bidang permainan = 13,40 meter.
  • Lebar bidang permainan = 5,18 meter.
  • Panjang bidang penerima servis = 4,72 meter.
  • Lebar bidang penerima servis = 2,59 meter.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Kategori Ganda Putra Putri atau Campuran :

Garis lapangan samping bagian luar digunakan untuk menentukan lebar area permainan dan garis lapangan belakang bagian luar digunakan untuk menentukan panjang area permainan untuk pertandingan ganda. Hanya saja, pada saat service pada permainan ganda, garis lapangan belakang bagian dalam digunakan untuk menentukan panjang permainan.

Supaya lebih memahami ukuran lapangan badminton untuk pertandingan ganda, anda dapat melihat detail penjelasan berikut ini:

  • Panjang bidang permainan = 13,40 meter.
  • Lebar bidang permainan 6,10 meter.
  • Panjang bidang penerima servis = 3,96 meter.
  • Lebar bidang penerima servis = 3,05 meter.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional BWF Indoor

Lapangan yang digunakan untuk olahraga bulu tangkis pada asalnya adalah sama, baik itu di tingkat nasional maupun internasional. Mulai dari ukuran hingga bahan permukaannya semua adalah sama.

Lapangan bulu tangkis secara umum memiliki 2 garis utama yang digunakan untuk tanda bidang permainan, yaitu garis dalam dan garis luar. Garis dalam memiliki panjang 11,76 m dan lebar 5,18 m. Adapun garis terluar memiliki panjang 13,40 m dan lebar 6,1 m.

Lebih detailnya dapat anda lihat pada penjelasan berikut:

AreaUkuran
Lapangan Bulu TangkisP 13,40 m x L 6,10 m
Jarak garis servis dengan garis net1,98 m
Jarak garis tengah servis dengan garis samping3,05 m
Jarak garis servis belakang dengan garis belakang ( ganda )0,76 m
Jarak garis samping permainan dengan garis pinggir ( tunggal )0,46 m

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Mini

Selain lapangan besar yang diperuntukkan bagi orang-orang dewasa, olahraga bulu tangkis juga memiliki lapangan mini yang diperuntukkan bagi anak-anak. Lapangan mini ini dibagi menjadi 2, yaitu untuk usia dibawah 9 tahun dan usia 9 tahun hingga 12 tahun.

Lebih lengkapnya dapat anda lihat pada keterangan di bawah:

1. Ukuran lapangan bulu tangkis mini untuk anak-anak usia di bawah 9 tahun:

  • Panjang lapangan bulu tangkis mini : 10,05 meter.
  • Lebar lapangan bulu tangkis mini : 4,40 meter.

2. Ukuran lapangan bagi anak-anak usia 9 tahun hingga sampai 12 tahun :

  • Panjang lapangan bulu tangkis mini : 11,88 meter.
  • Lebar lapangan bulu tangkis mini : 5,18 meter.

Ukuran Lapangan AirBadminton ( Outdoor )

AirBadminton pertama kali dikenalkan oleh BWF pada dunia di kota Guangzhou, Tiongkok pada tanggal 13 Mei 2019. Ia merupakan permainan bulu tangkis versi luar ruangan.

Setelah melewati berbagai uji coba dan pengumpulan data, BWF memutuskan ukuran lapangan AirBadminton adalah sebagai berikut:

  • Lapangan berbentuk persegi panjang berukuran 16 x 6 m untuk ganda (double) dan regu tiga (triple). Sedangkan untuk tunggal (single), ia berukuran 16 x 5 m.
  • Harus ada zona bebas minimal 1 m yang mengelilingi setiap sisi lapangan.

Mengapa lapangan AirBadminton dibuat lebih panjang daripada lapangan pada umumnya yang hanya berukuran 13,4 m?

Menurut BWF, hal itu karena ada zona mati (dead zone) 2 m pada lapangan AirBadminton untuk mendorong rally menjauh dari area net. Dengan itu, maka AirShuttle (kok khusus AirBadminton) dapat terbang dengan lebih baik.

Kita sendiri juga maklum karena kondisi luar ruangan biasanya lebih berangin daripada di dalam ruangan. Oleh karena itu, lapangan yang memiliki ukuran lebih panjang sangat diperlukan agar AirShuttle tidak mudah keluar lapangan karena terdorong angin.

Ia juga membuat permainan dapat dimainkan dalam durasi waktu yang lebih lama sehingga tercipta rally-rally yang menarik untuk ditonton bersama.

Lalu mengapa zona mati dari lapangan ini dibuat berukuran 2 meter?

Hal ini karena karakteristik AirShuttle membuat pukulan net sangat sulit dikendalikan sebagaimana ditunjukkan oleh pengujian BWF. Oleh karena itu untuk mendorong pukulan menjauh dari net dan memudahkan rally yang sedang berlangsung, dibutuhkan zona mati setidaknya 2 meter.

Untuk memukul AirShuttle, pemain tidak diperbolehkan memasuki zona mati. Pemain diperbolehkan melangkah atau mendarat di zona mati setelah memukulnya.

Beberapa peraturan dalam lapangan AirBadminton antara lain:

  • Tinggi tiang harus 1,5 m dan bagian atas jaring harus 1,45 m dari permukaan di tengah lapangan untuk lapangan berpasir.
  • Tiang harus memiliki tinggi 1,55 m dari permukaan lapangan saat bermain di lapangan rumput dan permukaan yang keras.
  • Tiang harus diposisikan pada garis samping permainan ganda dan regu tiga, sama saja yang sedang dimainkan adalah tunggal, ganda, atau regu tiga.

Jenis Permukaan Lantai yang Digunakan pada Lapangan Bulutangkis

Ada beberapa jenis permukaan lantai yang digunakan sebagai alas lapangan bulu tangkis sebagaimana berikut:

Lantai Sintetis

Lantai lapangan badminton sintetis adalah lantai yang terbuat dari bahan-bahan material buatan, sesuai dengan namanya. Salah satu keunggulan menggunakan lantai ini adalah ia dapat dirancang untuk memenuhi kebutuhan format permainan modern secara spesifik. Selain itu, harga dari lantai jenis ini relatif lebih terjangkau dan teksturnya lebih ramah pemain.

Ada dua jenis bahan material yang paling populer yang digunakan untuk membuat lantai lapangan bulu tangkis sintetis, yaitu akrilik dan PVC .

1. Lantai Akrilik

Lantai yang dibuat dari akrilik memiliki keunggulan yaitu anti slip sehingga nyaman dipakai untuk bermain. Selain itu, ia juga menawarkan berbagai varian warna sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Lantai PVC

Lapangan sintetis yang lantainya dibuat dari PVC tersedia dalam bentuk matras sehingga mudah untuk penggunaan dan penyimpanan. Lantai ini juga memiliki sifat anti slip yang bagus.

Biasanya, bahan PVC digunakan untuk permukaan lantai yang dibawahnya masih terdapat 2 lapisan lain, sehingga lantai ini membentuk 3 lapisan, yaitu atas, tengah, dan bawah.

Permukaan atas memberikan keunggulan dari segi daya tahan, anti slip, dan ketahanan abrasi. Lapisan tengah memberi keunggulan dari segi stabilitas. Adapun lapisan bawah adalah lapisan utama yang biasanya terbuat dari kayu.

Lantai Kayu

Lantai kayu biasanya mudah ditemukan pada lapangan untuk para pemain professional. Namun, tidak semua kayu dapat digunakan sebagai lantai lapangan badminton. Lantai yang digunakan merupakan kayu parket sehingga tidak licin sehingga pemain tetap nyaman berada di atasnya.

Lantai kayu ini menghadirkan kesan yang klasik. Selain itu, ia mampu menetralkan suhu udara ruangan. Hanya saja, biasanya harga lantai jenis ini terbilang cukup mahal dan membutuhkan tenaga ekstra untuk perawatannya.

Ukuran Area Servis Badminton

Bentuk dan ukuran area permainan dan area servis yang terjadi pada lapangan bulu tangkis memiliki ketentuan yang telah disepakati secara Nasional dan Internasional. Oleh karena itu, bentuknya adalah sama di setiap kompetisi lokal, nasional, hingga internasional.

Untuk partai tunggal, bidang area service yang digunakan dalam permainan bulu tangkis adalah garis samping dalam dan garis belakang luar. Adapun untuk partai ganda adalah garis samping luar dan garis belakang bagian dalam.

Lebih jelasnya, untuk pertandingan tunggal, area servisnya adalah p 13,40 m x l 5,18 m. Adapun untuk pertandingan ganda adalah p 11,88 m x l 6,10 m.

Garis Lapangan Badminton Area Permainan

Dalam lapangan bulu tangkis, setiap garis yang ada memiliki fungsi masing-masing. Terdapat masing-masing 2 garis luar dan dalam pada area samping dan belakang. Untuk permainan tunggal dan ganda, area permainan juga berbeda satu dengan yang lainnya.

Area Badminton Pertandingan Partai Tunggal

Panjang bidang ditentukan oleh garis belakang bagian luar dan lebarnya menggunakan garis samping bagian dalam. Lebih detailnya adalah panjang 13,40 m dan lebar 5,18 m.

Lapangan Badminton Pertandingan Partai Ganda

Panjang bidang diukur dengan garis belakang bagian luar dan lebarnya ditentukan oleh garis samping bagian luar. Dalam ukuran meter, panjangnya adalah 13,40 m dan lebarnya 6,10 m.

Ukuran Net Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis putra dan putri baik tunggal maupun ganda, ukuran net adalah sebagai berikut:

  • Tiang net harus berukuran tinggi 1,55 m.
  • Tinggi net adalah sekitar 1,524 m.
  • Panjang net harus sekitar 6,10 m.
  • Lebar net adalah 0,75 m.
  • Badan net harus berwarna gelap.
  • Puncak net atau pinggir bagias atas net diberi batasan berwarna putih yang memiliki lebar 7,5 cm.

Berat Kok dalam Permainan Badminton

Kok atau Shuttlecock yang digunakan dalam permainan badminton menggunakan bulu angsa yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk kerucut terbuka. Pada bagian pangkalnya terdapat gabus yang berbentuk setengah bulatan.

Mengenai ukurannya, kok tidak boleh sembarangan. Ada ketentuan yang harus dipenuhi sebagaimana penjelasan berikut:

  • Bulu harus terdiri dari 16 helai yang masing-masingnya memiliki panjang yang sama sekitar 62 – 70 mm.
  • Bulu harus disatukan dengan ikatan yang kuat.
  • Gabungan bulu pada ujungnya membentuk lingkaran dengan diameter 58-68 mm.
  • Pangkal kok diberi gabus yang berbentuk setengah bulatan dengan diameter 25-28 mm.
  • Berat kok keseluruhan adalah sekitar 4,47-5,50 gram.

Istilah-Istilah dalam Badminton

Anda mungkin sering mendengar komentator menggunakan istilah-istilah tertentu yang dipakai dalam permainan saat nonton pertandingan bulu tangkis.

Dari istilah yang disebutkan, barangkali anda telah paham sebagian dan belum paham pada sebagian yang lain.

Di bawah ini adalah kumpulan istilah untuk teknik, aturan, ataupun nama lain dari pukulan dalam olahraga bulu tangkis.

  1. Deep Service

Servis tajam melambung yang diarahkan ke sudut lapangan. Teknik ini digunakan untuk memaksa lawan agar mengembalikan bola dengan lob defensif dan mudah untuk diserang.

  1. Backhand

Pukulan yang dilakukan dengan posisi punggung tangan di arah depan. Teknik ini dilakukan untuk mengembalikan bola yang mengarah ke sisi tubuh kita bagian kiri.

  1. Forehand

Berkebalikan dari backhand, ia adalah pukulan yang dilakukan dengan posisi perut tangan di arah depan. Dilakukan untuk mengembalikan bola yang mengarah ke sisi kanan tubuh.

  1. Drive

Teknik pukulan mendatar yang dilakukan dengan posisi raket sejajar dengan kepala.

  1. Footwork

Teknik gerakan kaki.

  1. Dropshot

Pukulan yang dilakukan dengan tenaga ringan untuk menjadikan gerak bola menukik dan mirip dengan jatuh. Ia merupakan teknik yang mematikan.

  1. Lob

Pukulan yang dilakukan dengan keras sehingga bola melambung. Apabila bersifat defensif, maka ia digunakan untuk memperbaiki posisi ketika lawan masih mengejar bola yang dipukul lob. Apabila bersifat ofensif, maka ia digunakan untuk menyudutkan lawan ke arah pojok lapangan.

  1. Jumping Smash

Smash yang dilakukan dengan cara melompat untuk menjadikan luncuran bola menukik tajam.

  1. Net Drop

Pukulan dengan mengarahkan bola agar jatuh di area lawan tepat di dekat net. Teknik ini biasanya digunakan untuk memulai permainan net.

  1. Net Clear

Pukulan yang dilakukan dengan memberikan bola lob jauh ke belakangan dan mengarah ke pojok lapangan. Teknik ini digunakan untuk mengakhiri permainan netting.

  1. Smash

Pukulan yang dilakukan dengan tenaga keras. Ia merupakan teknik mematikan yang menjadikan bola menukik dengan gerakan mengiris tajam.

  1. Service

Pukulan pertama dari satu pemain yang dilakukan untuk memulai sesi game dan digunakan untuk memperebutkan satu angka.

  1. Netting

Pukulan dengan kekuatan ringan yang dilakukan dekat net agar bola bergerak lambat dan menggagalkan pengembalian bola oleh lawan.

  1. Overhead

Pukulan yang dilepaskan dengan posisi raket yang berada di atas kepala.

  1. Defence

Posisi bertahan untuk mengembalikan serangan dari lawan.

  1. Attacking Clear

Pukulan serangan yang ditujukan agar bola melambung melampaui raket lawan dan jatuh di bagian belakang lapangan.

  1. Deception

Gerakan menipu lawan dengan cara mengubah kecepatan dan arah bola pada detik terakhir sebelum terjadinya pukulan.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai ukuran lapangan badminton dan gambar serta hal-hal yang berkaitan dengannya, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ukuran Lapangan Badminton Standar Nasional dan Internasional"